JNE Apresiasi Konsumen Melalui JLC Award 2018 - Dunia-Spasi

Monday, 22 January 2018

JNE Apresiasi Konsumen Melalui JLC Award 2018

Melanie Richardo dan Indra Herlambang

JNE memberikan rewards besar kepada para member JNE Loyalty Card (JLC) dari seluruh Indonesia atas kebersamaan dan penggunaan layanan JNE. Pada 18 Januari 2018 di Hotel Mulia Senayan. Kemeriahan yang gebyar dengan tema “Raise Up Your Business” di sana menggambarkan kesuksesan JNE sebagai perusahaan jasa pengiriman dan pendistribusian besar di Indonesia.

Undangan yang hadir sebagian besar adalah peserta JLC, media dan blogger. Dimulai sejak pukul 19.00. Acara malam tetap meriah dan jauh dari rasa kantuk karena dipandu MC Hits Melanie Richardo dan Indra Herlambang yang menghidupkan suasana.

JLC Lucky Draw adalah program pengumpulan poin terbanyak dari setiap transaksi para member senilai Rp.25.000 selama periode tertentu. Biasanya diundi setiap akhir tahun dan di akhir Tahun 2017, JNE telah mengundi JLC Lucky Draw di Kantor Pusat Tomang Jakarta. Hadiahnya beragam, terdiri dari Paket Wisata ke Hongkong Disneyland, Sepeda Motor, Wisata ke Singapura dan Legoland Malaysia, Paket Wisata Malang Jawa Timur Ipad mini, Mirrorless Camera dan 100 buah voucher belanja.

Lalu, ada program baru namanya JLC Race, yakni pemberian apresiasi bagi 5 member JLC dengan nilai transaksi tertinggi dan 5 orang dengan jumlah pengiriman terbanyak. Hadiahnya mulai Mobil Mitsubishi Xpander, Sepeda Motor, Paket wisata ke Eropa, Iphone 7 Red, Kamera Fuji XT10, Wisata ke Bangkok hingga Smartphone.

M. Feriadi, Presiden Direktur JNE

Menurut Presiden Direktur JNE, Bapak M.Feriadi, dua program ini adalah sebagai apresiasi bagi para pelanggan JNE di seluruh Indonesia. Apresiasi ini juga merupakan upaya penyemangat bagi para UKM dalam melakukan kerjasama dengan JNE.

“Dengan adanya program ini, diharapkan JNE beserta konsumen loyal nya merasakan kedekatan satu sama lain dan JNE mendukung UKM supaya memperoleh kemudahan dalam pengiriman barang dagangannya. Selain memperoleh kemudahan juga mendapat reward yang sepadan.”

Maka, di acara JLC Award 2018 ini pun dibuat begitu royal. Kehadiran artis penghibut pun tidak tanggung-tanggung. Ada Maliq D’essential dan lain-lain.

Karena acara ini melibatkan para UKM yang sekaligus konsumen JNE, selain membagikan banyak hadiah plus hiburan juga memberi edukasi terkait digital marketing yang narasumbernya atara lain Hari Sungkari, selaku Deputi Infrastruktur Badan EkonomiKreatif (Bekraf) dan Billy Boen, CEO Young On Top.

Misi edukasi JNE sudah berjalan lama dengan UKM, hal ini sebagai bagian dari komitmen JNE yang ingin memberi empower secara total kepada UKM agar semakin berkembang. Jika UKM yang bekerja sama dengan JNE maju pesat, pastinya JNE juga ikut maju.

Hari Sungkari

Hari Sungkari memberikan materi soal bagaimana membangun bisnis sendiri secara kreatif melalui dunia digital. Menurutnya, menangkap peluang bisnis harus dibarengi dengan kreativitas dan inovasi karena jika biasa-biasa saja, bisa terpinggirkan oleh kompetitor.

Indonesia yang gemar ekspor bahan baku lalu impor kembali produk jadi yang berasal dari bahan baku yang diekspornya, adalah suatu hal yang merugikan. Ini adalah contoh kurangnya inovasi.

Untuk menumbuhkan kepercayaan calon investor atau pihak yang akan bekerjasama, tentunya harus membuat sesuatu yang menarik, berkelanjutan dan mempunyai pasar yang pasti.

Lalu, Billy Boen menyampaikan materi kondisi pemassaran bisnis di era digital. Menurutnya, memiliki sosial media adalah penting untuk promosi bisnis. Baik akun pribadi maupun perusahaan.
Billy mengungkapkan bahwa ada tahapan dalam strategi promosi sosial media. Diantaranya Awareness, Engagement, Jualan.

Tahapan awareness adalah dimana pemilik akun harus mampu mengalihkan perhatian khalayak kepada konten yang dibuatnya. Kesadaran masyarakat umum terhadap apa yang disampaikan pada sosial media sangat berpengaruh untuk mengenalkan produk atau jasa secara efektif.

Sedangkan Engagement adalah posisi sudah saling mengenal dan ada interaksi dua arah antar akun. Berarti sudah lebih akrab ya?

Jika sudah saling mengenal baru masuk ke jualan. Namun Billy Boen menekankan bahwa dalam satu akun sebaiknya tak semua jualan isinya. Selingi dengan hal-hal menarik lain yang dapat menarik follower misalnya quotes atau hal personal yang dapat menginspirasi.

Jeda posting usahakan tidak terlalu lama untuk menghindari kekecewaan follower yang menunggu post baru. Jadi, konsistensi sangat penting untuk menyuguhkan konten yang rutin. Selain itu, ketahui juga jam yang pas untuk upload untuk memperoleh interaksi dan impression yang optimal.

Santunan Anak Yatim
Penandatanganan kerjasama dengan Helicity

Selain memberi apresiasi serta edukasi, pada kesempatan yang sama JNE juga menandatangan MoU bersama partner kerjanya dan memberi santunan untuk anak yatim.


Banyak inspirasi yang diperoleh dari JLC Award 2018 ini dari perusahaan yang tak hanya peduli dengan keuntungan perusahaan semata namun mampu mengapresiasi konsumen sekaligus memberdayakan UKM serta melakukan program CSR untuk kemanusiaan. Semoga dicontoh oleh perusahaan-perusahaan lainnya.

Bagi yang ingin bergabung dengan JLC, bisa mengunjungi website  https://jlc.jne.co.id pendaftaran gratis dan mudah. Siapa tahu tahu depan mendapat reward yang keren.



4 comments:

  1. seneng bisa liat langsung Billy Boen, biasanya cuma bisa di tv aja he he he
    salut sama dia yang ngasih pendekatan inspiratif :)

    ReplyDelete
  2. Terharu waktu jumpa anak-anak panti asuhan tu. Semoga berkah ya JNE.

    ReplyDelete
  3. Keren, JNE! Kepedulian sosialnya tinggi dan sangat menghargai pelanggan. Saya juga lebih suka pilih JNE kalau belanja online. Nyaris gak pernah bermasalah kalau sama JNE

    ReplyDelete
  4. sekarang banyak juga bermunculan jasa pengiriman baru ya

    ReplyDelete

@templatesyard