Ketika Reuni, Happy atau Minder ? - Dunia-Spasi

Saturday, 10 October 2015

Ketika Reuni, Happy atau Minder ?

“Aku males datang ke acara reuni, entar jatuhnya cuma pada pamer keberhasilan dan kebahagiaan mereka saja. Aku belum punya apa-apa, gak ada kemajuan....malah nyakitin diri aja datang ke reuni.” Kata teman sekolah saya dengan ekspresi yang meletup-letup di sebuah kafe langganan. Saat itu, saya memang sengaja bertemu di kawasan Sudirman karena dia bekerja tak jauh dari lokasi kami ngopi sore.

Pendapat teman saya ini sudah dilontarkan oleh beberapa orang yang terlalu skeptis terhadap kehidupan. Sehingga menganggap kalau di reuni itu pasti selalu jadi ajang pamer-pamer. Itu benar, ada indikasi saling memperlihatkan pencapaian. Tapi tergantung bagaimana penerimaannya. Jika tak ingin merasa rendah, tunjukan jiwa yang lapang bahwa kita pun punya peran lain dalam kehidupan walau belum seberhasil mereka. “Belum” lho bukan “tidak”

Saya pribadi, sangat menyukai reuni. Selain asyik, bisa melihat perubahan penampakan fisik teman-teman yang dulunya cungkring, sekarang subur, dulunya tomboy sekarang sangat feminin dan dulunya sangat badung sekarang jadi alim dan penyayang keluarga, dulunya pemalas, sekarang jadi wiraswastawan sukses. Keren banget kan?

Bagaimana menyikapi diri ketika berhadapan dengan teman-teman sekolah yang rata-rata sudah berhasil di atas kita? Gak perlu berkecil hati. Kalau kita memandangnya tanpa evaluasi diri, pasti akan timbul rasa iri dengki dan sikap mengucilkan terhadap diri sendiri. Cobalah untuk bisa berdamai dengan diri sendiri dulu. Agar tidak merusak suasana ceria ketika reuni, mari kita refleksikan diri melalui tips dari saya berikut ini :

Reuni sebagai Silaturahim, Sudah temanan lama, dalam satu kelas, suka dan duka terus berpisah, bukan berarti melupakan. Sewaktu-waktu sebaiknya bertemu sebagai ajang refreshing, mengetahui apa yang dulu di sekolah pernah diikrarkan sebagai cita-cita, apakah sekarang sudah tercapai atau belum. Jika belum, bisa saling berbagi dan mengetahui apa kendalanya. Barangkali bisa saling membantu. Tak hanya secara materi juga secara moril. Jika sudah berhasil, bisa saling berbagi kiat dan tips.

Reuni sebagai Networking, Alhamdulillah kalau saya punya banyak kenalan dari setiap kelas saat sekolah. Saya punya kebiasaan senang punya teman banyak dari kecil. Jadi, tak hanya berteman dengan teman satu kelas saja. Dan itu menyenangkan. Bisa main ke rumahnya juga dan bisa melakukan banyak hal yang berbeda-beda. Sehingga, saat saya merantau dan di perantauan ada teman sekolah yang tak sekelas, kami jadi tidak canggung untuk melakukan kebersamaan lagi. Buat yang dulunya kurang gaul di sekolahan, biasanya di ajang reuni akbar suka mendadak jadi pada akrab. Karena di reuni akbar akan berkumpul satu sekolahan dalam satu angkatan. Kenapa menjadi semakin akrab? Di saat perhelatan reuni suka ada games, ada pengundian door prize, sesi sharing dan makan-makan. Biasanya akan timbul obrolan dan candaan yang menjadi keseruan dalam reuni. Jadi, jangan sia-siakan moment ini, akrabkan diri tak hanya dengan teman satu kelas saja. Karena siapa tahu dari semua yang hadir, akan memunculkan kesempatan untuk saling kolaborasi usaha, membuat even sosial atau saling berbagi informasi bermanfaat seputar parenting, keluarga, karir dan lain sebagainya. Pokoknya menyenangkan.

Reuni sebagai pemupuk kebaikan, Biasanya setelah reuni berlangsung akan saling tukar nomor hp , pin BB, WA dan lain sebagainya. Malah berlanjut di grup WA SD, SMP, SMA, Kuliah dll. Apakah keberatan? Saya tidak. Sebab dari hasil reuni ada tindak lanjutnya. Tak sekadar ngumpul lalu bubar. Tapi kami mengikat tali persaudaraan, memupuk kekompakan dan saling mengingatkan juga mendoakan yang baik-baik dan saling lempar ide. Jika ada yang kesusahan saling bantu. Bahkan buat charity bersama dan menindaklanjuti rencana-rencana ke depannya. Yang paling saya suka, di grup WA SMP sering dapat pencerahan religi, serasa diingatkan. Terima kasih buat teman-teman yang rajin sharing religi. Inspiratif sekali.

Di antara sekian reuni, saya paling suka Reuni SMP. Di sana benar-benar kompak dan selalu ada tindak lanjut. Sejak reuni pertama di Tahun 2010 sampai sekarang masih kompak dari mulai kegiatan rutin ngumpul, baik di Bandung maupun di Jakarta, Arisan dan lain-lain. Pokoknya senang sekali, bikin refresh dan selalu merindukan mereka. Pulang reuni, tentu saja saya mendapatkan banyak oleh-oleh inspirasi dari setiap teman yang hadir.

Jadi, acara reuni jangan ditakutin, karena banyak sekali yang bisa kita peroleh. Baik informasi, opportunity dan lain sebagainya. Malahan buat saya, reuni adalah ajang refleksi diri, pengingat dulu sempat punya keinginan apa dan jika belum tercapai, bisa lebih berusaha lagi. Jika sudah tercapai, mutu harus selalu lebih ditingkatkan lagi. 

Foto kenagan saat Reuni SMA dan SMP :

Reuni SMP yang ke 2 di Hotel Ginno Feruci Bandung 29 Agustus 2015 
Reuni SMP ke 2 di Roggers Cafe - Dago Bandung 02 Februari 2010
Reuni SMP lanjutan di rumahnya Bunda Aliyah, doi adiknya penyanyi Dian Piesesha lho, ciyus hihihi September 2010
Masih di rumah Bunda Aliyah tapi ini yg di Cinere, yg dari Bandung gantian ke Jakarta hehehe Desember 2010
Reuni SMA di Aula Kampus Universitas Jend.Ahmad Yani Bandung September 2010
Reuni SMA, September 2010
Saya masih ngarep bisa reuni SD sama kuliah....susah sekali ngumpulinnya...semoga bisa amin...kangen banget sama mereka soalnya.

50 comments:

  1. Wah baca tulisan Teh ini jd pengen reunian jg, klo sy pengen bgt reuni sm tmn kuliah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoooo kumpulin aja, cari teman2nya di FB pasti ketemu tuh :D

      Delete
  2. Aniii ... Akoh termasuk yang mana.. dulu cukup sekarang cantik kah?? Hahahaha.. Ngarep😜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnye dulu culun kali yee wkwkwk

      Delete
    2. Hahaha yang pasti Maya mah tambah demplon deh :))

      Delete
  3. Aku termasuk yg suka kumpul2nya, trus nanyain kabar satu2, Kali aja ada bisa diajak kerjasama.
    BTW, mau ketemu suamiku pas reuni Sd loh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh mantap Mba reuni membuahkan hasil ya hehehe

      Delete
  4. Waah seru sekali ya mbak Ani reuninya.Saya juga paling suka reunii ...kumpul-kumpul teman lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru banget Mba...banyak yang bisa dipetik, inspirasi, informasi dan lain-lain

      Delete
  5. Seruuu sekali yaa pas reunian, hihihih. Jadi pengen reunian nih

    ReplyDelete
  6. Aku paling demen kalau reuniaaaan ama temen temen sekolahaaaan.
    Lumayan buat cuci mataaa. yang dulunya kucel kucel jadi goodlooking semua. Termasuk aku *iaaa aku dekil lho dulu* wkwkkw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hwaaaa jadi good looking ya Tari hihihi
      Tari emang cakep kok :)
      Perubahan fisik teman2 kita memang sangat menarik ya hihihi

      Delete
  7. mmmm kayanya saya sama kaya temen teteh, tapi mindernya bukan karena apa2, soalnya dulu waktu zaman skul mah saya pemalu jadi temennya gak terlalu banyak, salut saya teh reuniannya lancar jaya dan bis akumpul sebanyak itu, saya belum pernah reunian lagi sama temen2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru biasanya saat reuni jadi tiba2 pada akrab lho Ev....coba aja deh :D
      Yg tadinya gak kenal jadi kenal

      Delete
  8. Asik banget kalo yg datang reuni banyak. Bisa tukar cerita dan hahahihi bareng. Aku juga suka dengan reuni. Teman yang dulu hilang, jadi muncul lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betulll senang ya kayak ketemu sodara yg udh lama gak bersua hehehe

      Delete
  9. Dulu awal2 musim reuni krena facebook, ei sempat maju mundur mau ikutan. Bukan karena minder dengan kondisi sekarang, tapi karena ei ngerasa waktu sekolah itu ei bukan siapa2. Takut kalo ikutan reuni ga ada yang kenal hahaha. Tapi ei coba ikutan kontribusi di kepanitiaan. Meskipun kontribusi ngga seberapa karena masih jadi buruh kantor, tapi lumayan jadi penangkal rasa takut ga ada yg kenal tadi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trik nya Mba Ei mantap banget nih :)

      Delete
  10. Teh Aniii... aku juga sukaaa bangeet reunian. Kalau ketemu temen-temen sekolah berasa jadi remaja lagi *eh*
    Teteh, bulan puasa kemarin aku juga reuni di hotel Gino Feruci, jangan-jangan kita barengan lagi XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sesudah bulan puasa reuninya Teh hehehe
      Iya kalo ketemu mereka serasa remaja lagi :D

      Delete
  11. Ada aja yang bisa diceritan oleh ibu ani...dari sekedar reuni biasa bisa menjadi tulisan.. Jadi angguk2 sendiri... Beberapa manfaat dari reuni.. Dari ajang silahturahmi hingga ke ajang networking...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bukan sekadar ngumpul aja reuni itu Bang, banyak hal yg bisa diambil manfaatnya :D

      Delete
  12. Teh Ani, Evi juga dulu suka males reunian. Tapi sekarang suka karena bisa ketemu banyak orang :)

    ReplyDelete
  13. di era teknologi kyk gini, makin mudah ya koordinasi :)
    makin sering reuni dong.hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran Mba, jadi gampang nemuin teman2 ya

      Delete
  14. Aku mah suka-sukaa aja ikut reunii, tapi karena pernah ceritanya jadi 'panitia' reunian dan yg dateng itu2 aja jadi bosen juga :v
    Sekarang kalo ada rencana reuni, nunggu dikabarin aja jadinya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha jangan kapok atuh Ran biarin aja yg datang itu2 jugaaa :D

      Delete
  15. Ituuu ciyuuus foto Dian Pishesa gedeee bangeet #salahfokus .. Tapi aku seneeeng lho teh reunian. Soalnya kangeeen dan jarang ketemu temen-temen lama ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ciyus Mba...itu kan di rumah ortunya teman saya yg adiknya Dian Piesesha heheh pas SMP dulu saya suka minta fotonya hihihi

      Delete
  16. reunian ya, saya sekolah pindah-pindah dan banyak lost contact sama temen-temen SMP SMA, jadi ga pernah reunian, hihi, tapi kaya nya seru juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sekolah pindah2, bisa banyak itu temannya Mba :D

      Delete
  17. bulan lalu ada reuni SMP, tapi entah kenapa saya ngga pengen dateng. Ada rasa ngga percaya diri kalo ngumpul-ngumpul gitu. Padahal, reuni itu menyambung kembali silaturahmi yang keputus karena waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus ditekadkan untuk datang Mba soalnya suka tak terduga dapat insight baru dan teman2 yg tadinya gak kenal malah jadi akrab karena reunian

      Delete
  18. Happy doooong! :D Seneng banget reuni mah, bikin awet muda & ketawa-ketawa & ngomongin good old days.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha benerrr refreshing banget :D

      Delete
  19. Soal reuni, aku ratunya nii,, maksudnya demen banget sama reuni.hahahaha.
    melepas rindu yang menggebu, terutama dengan teman SMP dan SMA dulu. Yang ada cuma seru dan seru.. Pernah reuni setelah hampir 20tahun tak bertemu. Huuaaaa... sehari semalam bertukar cerita. Pagi-pagi semua dapat hadiah ... mata panda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asyik....cerita lagi dong di blog Mba pasti seru nih :D

      Delete
  20. Reuni itu memang palig susah mengambil waktu yang pas, kebanyakan waktu luangnya berbeda-beda alhasil malah gx jadi reunian, atau ada kisah kasih disekolah pasti deh salah satunya gx akan datang :D
    reuni itu memang kegiatan yang menyenangkan

    ReplyDelete
  21. Duh senangnyaaa bisa reuni tanpa beban ya

    ReplyDelete
  22. Duh senangnyaaa bisa reuni tanpa beban ya

    ReplyDelete
  23. Seneng ya..reuninya jalan terus..saya mah mandek..susah atur waktunya untuk tetap bisa kumpul rutin..

    ReplyDelete
  24. Seneng ya..reuninya jalan terus..saya mah mandek..susah atur waktunya untuk tetap bisa kumpul rutin..

    ReplyDelete
  25. Aih reunian...asik banget ini mah...
    Reuni terakhir belum lama ini dengan teman2 SMA setidaknya mengingatkan saya pada satu hal, ah kita sudah tua ya sekarang...sudah 50 lebih...

    WIlujeng reunian lagi Teh Ani...

    Salam,

    ReplyDelete

@templatesyard